Tata Letak Blog

Thursday, November 24, 2016

Tips Sehat Terbaru : Najla Najwa










Begini Efek yang Dirasakan Tubuh Jika Malas Olahraga

Meski dikenal punya banyak manfaat, masih banyak orang yang enggan berolahraga. Akibatnya, tubuh bisa kena efek negatifnya. Seperti apa?

Disampaikan oleh dr Grace Tumbelaka, SpKO, perubahan gaya hidup modern saat ini yang cenderung kurang bergerak membuat olahraga menjadi sangat penting. Selain membuat tubuh bugar, olahraga juga bisa mencegah penyakit.

"Saat ini banyak orang yang kurang gerak alias sedenter. Padahal efeknya kalau kita kurang gerak itu bukan cuma bikin tubuh tidak bugar, tapi juga banyak," ujar dr Grace dalam diskusi media 'Bincang-bincang Santai Trampolin dan Manfaatnya' yang diadakan Scientia Square Park, Serpong, Tangerang.

Ya, efek negatif kurang gerak lainnya disebutkan dr Grace yakni gangguan pola tidur, tubuh mudah pegal, serta sulit mengangkat benda berat.

"Kurang gerak juga memicu risiko berbagai penyakit seperti hipertensi, obesitas, jantung, kerusakan sendi otot dan osteoartritis. Ini sudah terbukti dan ada data ilmiahnya," imbuh dr Grace.

Sementara itu, kurang olahraga bagi wanita juga bisa meningkatkan risiko penyakit tertentu seperti obesitas, depresi, osteoporosis serta kanker payudara.

"Oleh sebab itu, penting sekali menyediakan waktu untuk olahraga untuk menghindari risiko-risiko tersebut. Salah kalau olahraga dianggap sebagai beban," tutur dokter yang praktik di RS Jakarta ini.

No comments:

Post a Comment